Jumat, 12 Oktober 2012

Tugas 3



1.    Apa itu bisnis?
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bisnis adalah usaha dagang; usaha komersial di dunia perdagangan; bidang usaha.

Menurut saya pribadi bisnis adalah suatu usaha manusia, baik secara individu maupun kelompok, dilakukan dengan menjual barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Manusia harus bekerja untuk mendapatkan uang yang akan membiayai hidupnya. Salah satu caranya adalah dengan berbisnis.


2.    Jelaskan seberapa besar pengaruh bisnis dalam kehidupan anda!

Pengaruh bisnis dalam kehidupan saya maupun anda semua pasti sangat besar. Sebagai manusia, kita tidak akan mungkin terpisahkan dari yang namanya bekerja dan mencari nafkah, karena manusia harus bekerja demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Bekerja bukan hanya berarti duduk di kantor dari jam 8 atau 9 pagi sampai jam 5 sore, dari hari senin-jum’at dengan baju kemeja plus dasi atau blezer. Bekerja seperti itu di zaman seperti sekarang ini mungkin tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup.

Zaman yang terus berubah itulah yang kemudian menciptakan banyak peluang-peluang baru bagi kita untuk berbisnis. Kita akan dituntut untuk lebih kreatif menciptakan bisnis baru yang lebih inovatif. Dengan berbisnis, kita diajarkan untuk berani mengambil keputusan, bersabar dan pantang menyerah. Tidak takut gagal, bangkit dan belajar dari kegagalan hingga akhirnya meraih kesuksesan, itulah hal positif yang bisa saya ambil dari orang-orang yang telah memetik kesuksessan dari berbisnis dan berpengaruh dalam kehidupan saya. Kata-kata bisnis pun tidak melulu tentang modal yang besar dan sesuatu yang rumit. Kita bisa mulai berbisnis dengan modal yang terbatas karena zaman sekarang sudah ada internet yang berbiaya murah. Banyak pengusaha yang sudah membuktikan bahwa dengan modal yang minim bisa menghasilkan laba yang maksimal.

Tidak hanya kita yang akan mendapat nilai positif dari berbisnis, tapi orang lain yang sedang mencari pekerjaan juga akan diuntungkan karena terbukanya lapangan pekerjaan yang baru. Akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang tersedia untuk mereka sehingga mengurangi angka pengangguran. Banyaknya kesempatan juga membuat sumber daya manusianya bertambah karena akan membuat si pelamar memiliki skill yang dibutuhkan dan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. Mereka yang awalnya tidak memiliki skill pun akan dibantu dan dibimbing oleh perusahaan apabila keahlian yang diharapkan tidak sesuai dengan yang ada.

Hal-hal tersebut membuktikan bahwa bisnis sangat berpengaruh dalam kehidupan saya dan anda. Bisnis dapat menambah pengalaman dan pelajaran. Prinsip yang banyak dipegang para pebisnis handal adalah jangan pernah takut gagal, karena kegagalan adalah pintu pertama menuju kesuksesan. Saya sendiri belum membuktikan kata-kata ini memang, tapi apa salahnya mencoba jika itu lebih banyak mendatangkan keuntungan untuk kita? Jadi, mari mulai berbisnis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar