1.
Apa Beda Perdagangan Internasional dan Pemasaran
Internasional?
Perdangangan
internasional dan pemasaran internasional merupakan bagian dari bisnis
internasional. Bisnis internasional sendiri merupakan kegiatan bisnis yang
dilakukan melewati batas – batas suatu negara. Lalu, apa yang membedakan dua transaksi bisnis
tersebut? Pertama mari kita liat pengertian masing-masingnya.
Perdagangan
internasional (International Trade) adalah perdagangan lintas negara
yang dilakukan baik antarperorangan (individu dengan individu), antara individu
dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu
negara dengan pemerintah negara lain atas dasar kesepakatan bersama.
Sedangkan Pemasaran Internasional (International
Marketing) merupakan penerapan
konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka
penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.
Perdagangan internasional
seringkali dikaitkan dengan kegiatan ekspor impor , valuta asing, serta neraca
perdagangan dan neraca pembayaran. Dalam kaitannya dengan
pemasaran internasional, maka dasar ekonomi teoretis perdagangan internasional
memberikan pemahaman dasar mengapa suatu negara berdagang dengan negara lain,
dan karenanya memberikan pemahaman bagi pemasar internasional mengenai
kebijakan perdagangan luar negeri suatu negara. Perdagangan internasional juga
umumnya merupakan langkah pertama bagi suatu perusahaan untuk memasuki arena
internasional.
Dari uraian diatas maka akan
terlihat perbedaan diantara dua transaksi bisnis ini. Perbedaan utama
terletak pada pelakunya, dimana perdagangan internasional dilakukan oleh
antarnegara sedangkan pemasaran internasional dilakukan oleh perusahaan ke
suatu negara. Disamping itu pemasaran internasional menentukan kegiatan bisnis
yang lebih aktif serta lebih progresif dari pada perdagangan internasional.
2.
Jelaskan Alasan Setiap Negara Melaksanakan
Bisnis Internasional!
·
Faktor
Alam/ Potensi Alam
Potensi alam yang dimiliki setiap negara di dunia pasti berbeda-beda. Ada
negara yang menghasilkan banyak bahan tambang, negara dengan penghasil ikan
terbesar, atau negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia.
·
Untuk
memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri
Sebuah negara tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dalam negerinya sendiri.
Negara-negara tersebut dapat melakukan ekspor-impor untuk melengkapi apa yang
tidak dimiliki negaranya.
·
Keinginan
memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
Dengan melakukan bisnis internasional, maka perusahaan akan mendapatkan
keuntungan dari barang atau jasa yang dijualnya dan negara akan mendapatkan
pajak dari barang atau jasa yang masuk/keluar dari negaranya.
·
Adanya
perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai negara maju
pasti berbeda dengan kemampuan penguasaan yang dimiliki oleh negara berkembang.
Perbedaan itulah yang dimanfaatkan oleh negara maju untuk “membantu” negara
berkembang dalam mengolah sumber daya ekonomi.
·
Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.
Kelebihan produk dalam negeri juga sering dimanfaatkan
untuk memperoleh keuntungan sehingga perusahaan atau negara memperlebar
pasarnya hingga mancanegara dengan melakukan ekspor ke sejumlah negara yang
membutuhkan produk tersebut.
·
Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan
hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.
·
Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang.
Kesamaan selera juga dapat mendorong terjadinya bisnis
internasional. Selera yang sama bisa membuat perusahaan atau negara menjual
barang dan jasa ke negara lain dengan tingkat permintaan tertinggi.
·
Keinginan membuka kerja
sama, hubungan
politik dan dukungan dari negara lain.
Dengan terjalinnya kerja sama dengan negara lain maka
akan membuka pintu promosi yang lebih luas dan meraih pasar internasional yang
besar sehingga perusahaan atau negara akan mendapatkan keuntungan yang lebih
besar.
· Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.
Tidak ada suatu Negara pun
yang dapat memenuhi 100% swasembada. Hal ini disebabkan karena terjadinya
penyebaran yang tidak merata dari sumber daya baik dari sumber daya alam modal
maupun sumber daya manusia. Jadi, tiap negara dituntut untuk dapat bekerja sama
memenuhi kebutuhan negaranya masing-masing.
3.
Jelaskan Faktor-Faktor Apa Saja Yang
Mempengaruhi Bisnis Internasional!
Ada 11 faktor yang mempengaruhi
bisnis internasional, yaitu:
1. Kompetitif : jenis dan jumlah pesaing ,
lokasi dan kegiatan mereka.
2. Distributif : agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
3. Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4. Sosioekonomi : karakteristik dan distribusi populasi manusia.
5. Keuangan : variable seperti sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan.
6. Legal : jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
7. Fisik : unsur alam seperti topografi, iklim dan sumber alam.
8. Politik : elemen politik bangsa seperti nasionalisme, bentuk pemerintahan dan organisasi internasional.
9. Sosiokultural : sikap, kepercayaan, pendidikan, dll.
10. Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian.
11. Teknologi : keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber sumber diubah menjadi produk.
2. Distributif : agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
3. Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4. Sosioekonomi : karakteristik dan distribusi populasi manusia.
5. Keuangan : variable seperti sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan.
6. Legal : jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
7. Fisik : unsur alam seperti topografi, iklim dan sumber alam.
8. Politik : elemen politik bangsa seperti nasionalisme, bentuk pemerintahan dan organisasi internasional.
9. Sosiokultural : sikap, kepercayaan, pendidikan, dll.
10. Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian.
11. Teknologi : keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber sumber diubah menjadi produk.
Sumber :
1.
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_internasional
2.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_internasional
3.
http://muthiyagabrielamalawat.blogspot.com/
4.
http://p4hrul.wordpress.com/2010/12/15/bisnis-internasional/
5. http://thestoryofwhiteandfat.blogspot.com/2010/11/karakterstik-yang-mempengaruhi-bisnis.html
5. http://thestoryofwhiteandfat.blogspot.com/2010/11/karakterstik-yang-mempengaruhi-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar