Sabtu, 17 November 2012

Tugas 5


1.      Apa Beda Perdagangan Internasional dan Pemasaran Internasional?


            Perdangangan internasional dan pemasaran internasional merupakan bagian dari bisnis internasional. Bisnis internasional sendiri merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas – batas suatu negara. Lalu, apa yang membedakan dua transaksi bisnis tersebut? Pertama mari kita liat pengertian masing-masingnya.
            Perdagangan internasional (International Trade) adalah perdagangan lintas negara yang dilakukan baik antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Sedangkan Pemasaran Internasional (International Marketing) merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai Negara.
            Perdagangan internasional seringkali dikaitkan dengan kegiatan ekspor impor , valuta asing, serta neraca perdagangan dan neraca pembayaran. Dalam kaitannya dengan pemasaran internasional, maka dasar ekonomi teoretis perdagangan internasional memberikan pemahaman dasar mengapa suatu negara berdagang dengan negara lain, dan karenanya memberikan pemahaman bagi pemasar internasional mengenai kebijakan perdagangan luar negeri suatu negara. Perdagangan internasional juga umumnya merupakan langkah pertama bagi suatu perusahaan untuk memasuki arena internasional.
            Dari uraian diatas maka akan terlihat perbedaan diantara dua transaksi bisnis ini. Perbedaan utama terletak pada pelakunya, dimana perdagangan internasional dilakukan oleh antarnegara sedangkan pemasaran internasional dilakukan oleh perusahaan ke suatu negara. Disamping itu pemasaran internasional menentukan kegiatan bisnis yang lebih aktif serta lebih progresif dari pada perdagangan internasional.




2.      Jelaskan Alasan Setiap Negara Melaksanakan Bisnis Internasional!


·      Faktor Alam/ Potensi Alam
Potensi alam yang dimiliki setiap negara di dunia pasti berbeda-beda. Ada negara yang menghasilkan banyak bahan tambang, negara dengan penghasil ikan terbesar, atau negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia.
·      Untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri
Sebuah negara tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dalam negerinya sendiri. Negara-negara tersebut dapat melakukan ekspor-impor untuk melengkapi apa yang tidak dimiliki negaranya.
·      Keinginan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
Dengan melakukan bisnis internasional, maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari barang atau jasa yang dijualnya dan negara akan mendapatkan pajak dari barang atau jasa yang masuk/keluar dari negaranya.
·      Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengolah sumber daya ekonomi
Ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai negara maju pasti berbeda dengan kemampuan penguasaan yang dimiliki oleh negara berkembang. Perbedaan itulah yang dimanfaatkan oleh negara maju untuk “membantu” negara berkembang dalam mengolah sumber daya ekonomi.
·      Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut.
Kelebihan produk dalam negeri juga sering dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan sehingga perusahaan atau negara memperlebar pasarnya hingga mancanegara dengan melakukan ekspor ke sejumlah negara yang membutuhkan produk tersebut.
·      Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam, iklim, tenaga kerja, budaya, dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan produksi.
·      Adanya kesamaan selera terhadap suatu barang.
Kesamaan selera juga dapat mendorong terjadinya bisnis internasional. Selera yang sama bisa membuat perusahaan atau negara menjual barang dan jasa ke negara lain dengan tingkat permintaan tertinggi.
·      Keinginan membuka kerja sama, hubungan politik dan dukungan dari negara lain.
Dengan terjalinnya kerja sama dengan negara lain maka akan membuka pintu promosi yang lebih luas dan meraih pasar internasional yang besar sehingga perusahaan atau negara akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
·      Terjadinya era globalisasi sehingga tidak satu negara pun di dunia dapat hidup sendiri.
Tidak ada suatu Negara pun yang dapat memenuhi 100% swasembada. Hal ini disebabkan karena terjadinya penyebaran yang tidak merata dari sumber daya baik dari sumber daya alam modal maupun sumber daya manusia. Jadi, tiap negara dituntut untuk dapat bekerja sama memenuhi kebutuhan negaranya masing-masing.


3.      Jelaskan Faktor-Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Bisnis Internasional!
Ada 11 faktor yang mempengaruhi bisnis internasional, yaitu:
1. Kompetitif : jenis dan jumlah pesaing , lokasi dan kegiatan mereka.
2. Distributif : agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
3. Variabel ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4. Sosioekonomi : karakteristik dan distribusi populasi manusia.
5. Keuangan : variable seperti sukubunga, tingkat inflasi, perpajakan.
6. Legal : jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
7. Fisik : unsur alam seperti topografi, iklim dan sumber alam.
8. Politik : elemen politik bangsa seperti nasionalisme, bentuk pemerintahan dan organisasi internasional.
9. Sosiokultural : sikap, kepercayaan, pendidikan, dll.
10. Buruh/Tenaga Kerja : komposisi, keahlian.
11. Teknologi : keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber sumber diub
ah menjadi produk.

Sumber :
1.      http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_internasional
2.      http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_internasional
3.      http://muthiyagabrielamalawat.blogspot.com/
4.      http://p4hrul.wordpress.com/2010/12/15/bisnis-internasional/ 
5.   http://thestoryofwhiteandfat.blogspot.com/2010/11/karakterstik-yang-mempengaruhi-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar